PELANTIKAN RAJA NEGERI LAHA

Impian warga Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon untuk memiliki raja definitif akhirnya terjawab, setelah Wakil Walikota Ambon, MAS Latuconsina, ST.,M.T melantik H. Said Laturua, SE sebagai Raja Negeri Laha. Pelantikan raja Laha yang digelar di lapangan sepak bola Laha, Selasa (27/9), diawali dengan proses adat yang dihadiri Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Hukum dan Politik AR Uluputty, Wakil Walikota Ambon MAS Latuconsina. Said Laturua dilantik sebagai Negeri Laha berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Ambon Nomor 955 Tahun 2011 tanggal 5 Agustus 2011.

Wawali dalam arahanya meminta kepada Raja Negeri Laha yang baru untuk selalu duduk bersama dengan saniri negeri untuk menyusun berbagai program-program terutama program prioritas yang berhubungan dengan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Negeri Laha merupakan pintu masuk menuju Kota Ambon, sehingga warga Laha di bawah kemimpinan Hi.Said Laturua saya minta untuk tetap menjaga keharmonaisan dengan negeri-negeri tetangga terutama dalam menjaga dan melestarikan petuanan sesuai adat istiadat dan hukum adat yang berlaku di Negeri Laha,” pinta Wawali.

Kearifan lokaldan hubungan kekerabatan, kata Wawali,harus tetap dilestarikan dan jangan kerarifan lokal tersebut diluluhlantahkan oleh orang-orangyang tidak bertanggung jawab,

“Saya berharap kita menjaga agar Ambon yang sudah kondusf ini dansudah mulai memberikan warna terhadap pembangunan dan kesajahetaran di negeri ini jangan lagi dicabik-cabik,” pintanya.

Menurut Wawali, pelantikan raja yang merupakan kesatuan masyarakat hukum adat yang berfungsi mengurus hukum adat dan istiadat serta tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan dan pelayan kepada masyarakat serta memelihara Keamanan dan Ketertiban (Kamtibmas) di Negeri Laha.

Pada kesempatan itu, Wawali juga meminta dukungan warga dan semua komponen masyarakat di Kota Ambon untuk mendukung program Walikota dan Wakil Walikota yang tertuang dalam lima kebijakan prioritas yakni Ambon bersih di siang hari, Ambon terang di malam hari, Ambon tertib transportasi dan parkiran serta Ambon yang partisipatif.

Sementara itu gubenur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan, Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Hukum dan Politik AR Uluputty, mengajak semua warga Negeri Laha untuk mendukung raja yang baru. Dimana dukungan tersebut merupakan syarat mutlak dari keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan di Negeri Laha.

“Saya berharap agar raja Negeri Laha mampu membangun hubungan yang harmonis dan saling mendukung dengan saniri negeri sebagai lembaga legislatif di Negeri Laha supaya berbagai peraturan negeri yang berhubungan dengan kepentingan rakyat dan kesejahteraan dapat dirumuskan sesuai karakteristik yang ada di negeri ini,” harapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s