Bantu 1000 Bibit Mangrove di Laha DPRD Maluku Beri Apresiasi Langkah BI

Ambon, TS

Langkah Bank Indonesia (BI) yang memberikan bantuan seribu bibit pohon mangrove di Desa Laha Kecamatan Teluk Ambon sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pembangunan lingkungan mendapat apresiasi positif dari Komisi B DPRD Maluku. “Itu merupakan sebuah hal yang sangat positif sebagai bukti adanya kepedulian Bank Indonesia terhadap pembangunan lingkungan,” tandas Sekretaris Komisi B DPRD Maluku, La Ode Salimin kepada Titah Siwalima Senin (30/8) di Gedung DPRD Maluku kawasan Karang Panjang Kecamatan Sirimau. Politisi muda asal Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Maluku ini menyampaikan rasa terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah memberikan perhatian terhadap persoalan lingkungan di Maluku khususnya di Kota Ambon.

Ia berharap, langkah BI yang menyumbangkan seribu bibit pohon mangrove serta peresmian kawasan lindung hutan mangrove di Negeri Laha bisa diikuti oleh lembaga-lembaga lainnya. “Apalagi saat ini, persoalan lingkungan cukup mengemuka dan merupakan salah satu hal yang  dibutuhkan dalam kehidupan manusia,” tukasnya.

Salimin yang saat ini menjabat sebagai Plt Bendahara DPD Hanura Maluku mengajak seluruh elemen masyarakat agar bahu membahu merehabilitasi lingkungan yang rusak sehingga nantinya merupakan salah satu warisan berharga bagi kehidupan anak cucu kita di masa mendatang.

“Karena bila kita wariskan lingkungan yang rusak, maka tentunya akan membuat susah anak cucu kita di waktu-waktu mendatang,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menyumbangkan seribu bibit pohon mangrove untuk ditanam di Desa Laha Kecamatan Teluk Ambon sekaligus meresmikan kawasan lindung hutan mangrove.

Peresmian kawasan lindung hutan mangrove ini diawali dengan penanaman bibit pohon mangrove oleh Nasution di kawasan pantai Talaga Desa Laha Sabtu (28/8).

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur BI didampingi sejumlah pejabat dari kalangan BI lainnya yaitu Pemimpin BI Ambon Achmad Bunyamin, pemimpin BI Makassar Lambok Antonius Siahaan serta mantan pemimpin BI Ambon Totok Hermiyanto.

Dalam sambutannya dihadapan Pjs Raja Negeri Laha Hasan Ulath serta sejumlah warga Desa Laha, Nasution mengatakan bahwa keberadaan ekosistem pantai harus dapat dijaga dengan baik. “Keberadaan mangrove merupakan salah satu bagian terpenting dalam ekosistem biota pantai sehingga harus dijaga dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan bila ekosistem pantai dapat dijaga dengan baik maka ikan-ikan serta hewan pantai lainnya akan datang dengan sendirinya karena merasa tidak terganggu.

Menurutnya, keberadaan ling­kungan hutan manrove harus dijaga serta dijauhkan dari sentuhan pencemaran baik itu limbah manusia maupun limbah oleh industri karena akan merusak kawasan tersebut. “Bila lingkungan rusak, maka tentu masyarakat yang berada disekitarnya akan susah. Yang lebih parah lagi, akan menimbulkan penderitaan bagi anak cucu kita di kemudian hari karena diwarisi lingkungan yang rusak,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, Nasution mengungkapkan bahwa kegiatan menanam lebih mudah dari memelihara. “Menanam lebih mudah dari memelihara karena menanam hanya membutuhkan waktu yang singkat, tetapi untuk pemeliharaan membutuhkan waktu yang sangat panjang serta kesabaran dan ketelatenan manusia,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia menghimbau serta mengharapkan agar seluruh warga desa Laha bisa memelihara bibit-bibit pohon mangrove yang ditanam karena hal ini adalah untuk kepentingan masyarakat Desa Laha sendiri.

Ia menerangkan bahwa kegiatan sosial dari Bank Indonesia kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial serta kepedulian terhadap warga serta lingkungan lainnya diluar lingkup BI.

Gubernur BI asal daerah Su­matera Utara ini berharap agar kegiatan yang merupakan salah satu bentuk hadiah BI kepada mas­yarakat Desa Laha ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Laha.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur BI Darmin Nasution ber­kesempatan menyerahkan bantuan material untuk pembangunan pasar dan kantor Desa Laha kepada Pjs Raja Negeri Laha.

Sementara itu, Pjs Raja Negeri Laha Hasan Ulath dalam sambutannya menjelaskan bahwa dahulu kakek nenek serta orang tua mereka dapat dengan mudah mencari ikan dalam telaga di hutan mangrove desa Laha ini, namun kondisi sekarang warga harus mencari ikan hingga ke tengah laut lepas karena tidak ada lagi ikan-ikan yang masuk dalam telaga. “Hal ini disebabkan oleh kerusakan hutan mangrove yang ada di lokasi telaga ini baik yang disebabkan oleh ulah warga sendiri, pengendapan Lumpur, sampah maupun limbah industri,” ujar Ulath.

Pada kesempatan itu, mewakili warga Negeri Laha Ulath mengucapkan terima kasih atas wujud serta peran nyata dari Bank Indonesia yang telah mengajak warga Negeri Laha untuk kembali menjaga kelestarian kawasan lindung hutan mangrove demi masa depan anak cucu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Trisno Hendradi serta segenap tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh adat Negeri Laha. [T6S]

One thought on “Bantu 1000 Bibit Mangrove di Laha DPRD Maluku Beri Apresiasi Langkah BI

  1. Susunan Acara

    1. P e m b u k a a n
    2. Melagukan Lagu Indonesia Raya
    3. Pembacaan Surat Keputusan Walikota Ambon
    4. Pengambilan Sumpah Oleh Walikota Ambon
    5. Penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah
    6. Pelantikan Oleh Walikota Ambon
    7. Penandatanganan Berita Acara Serah Terima
    8. Sambutan Walikota Ambon
    9. Do’a
    10. P e n u t u p

    Assalamualaikum Wr Wb
    Kepada Seluruh anak adat Negeri Laha dimana saja berada
    Dengan hormat,
    Dengan rahmat Allah SWT, Perkenankanlah kami mengundang bapak/ibu/sdr/I untuk menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Raja Negeri Laha-periode tahun 2011-2017 Kecamatan Teluk Ambon kota Ambon, yang Insya Allah akan di laksanakan pada:
    Hari/Tanggal : Sabtu, 24 September 2011
    P u k u l : 10.00 WIT
    Tempat : Negeri Laha
    Dan acara syukuran pada :
    Hari/Tanggal : Sabtu, 24 September 2011
    P u k u l : 20.00 WIT
    Tempat : Negeri Laha
    Atas perhatian dan kehadiran Bpk/Ibu/Sdr/I disampaikan terima kasih.
    PANITIA PELANTIKAN RAJA
    NEGERI LAHA

    ACHMAD MEWAL Hj. NUR MALINO
    Sekertaris K e t u a

    Turut Mengundang, Mengetahui,
    Kepala Kec. Teluk Ambon Pj.Raja Negeri Laha

    Dra.R.Sopamena HASAN ULATH
    Pembina

    Susunan Acara Adat
    Pelantikan Raja Negeri Laha
    Tgl. : 24 September 2011
    (Dimulai Dari Pukul 07.00 s.d 09.30 Wit)

    1. Penjemputan putri Hehuat,Laturua, Dan Mewar oleh cakalele adat dari masing-masing rumah Tau ke Kakihang/Balai Adat
    2. Penjemputan pejabat dan saniri oleh cakalele adatdari kantor desa ke kakihang/Balai Adat
    3. Penjemputan calon raja oleh cakalele adat dari rumah raja ke kakihang/Balai Adat
    4. Acara pengukuhan calon raja Negeri Laha di kakihang/Balai Adat
    a. Air dari putri Laturua, Mewar, gabung dengan putri Hehuat yang di ambil dari mata air masing-masing putri
    b. Air yang dijadikan satu dipakai untuk mengukuhkan Raja oleh putri Hehuat
    5. Raja menuju ke mesjid
    6. Raja kembali ke kakihang/Balai Adat didampingi oleh penghulu
    7. Raja beserta rombongan diantar ke rumah Raja untuk persiapan menuju pelantikan NASIONAL
    8. Raja dan rombongan menuju ke lokasi pelantikan di sambut oleh tarian adat PARISI
    9. Selesai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s