Di balik sakitnya Soeharto

Banyak isu yang beredar di seputar sakitnyamantan presiden Indonesia ke-2, H.M.Soeharto, berdampak pada munculnya berbagai khurafat modern yang dapat menyesatkan umat, terlebih lagi (sangat disayangkan) hal itu diprakarsai oleh agamawan yang bernaung di bawah bendera pondok pesantren.

                                         
Sikap sedemikian itu patutlah dipertanyakan, mengapa kita terlalu berlebihan dan membesar-besarkan hal-hal yang berbau mistis sehingga setan dan jin dengan mudah dapat mencemarkan akidah, sementara realita yang ada di depan mata malah dikesampingkan seakan akal yang merupakan tanda dan keistimewaan manusia dari makhluk lainnya tidak lagi berfungsi.

 

Cobalah untuk berfikir yang rasionil, dengan melihat apa yang sedang ayau telah terjadi sebelumnya yang mungkin bisa saja merupakan faktor penyebabnya, misalanya; posisi pak Harto sedang disidangi mengenai kasus dana yayasan supersemar  dan sebelumnya pernah pun sakit di awal pemeriksaan kasus tersebut, bisa saja praduga yang ada adalah bahwa sakitnya hanyalah alasan belaka (terlepas dari usia) agar tertundanya persidangan, namun praduga semacam ini pun akan mengarah kepada suu dzann. Atau dengan melihat usia beliau yang sudah tak terbilang atau sangat tua maka telah tiba saatnya di usia sedemikian untuk jatuh sakit sebagai rahmat baginya, keluarganya dan seluruh masyarakat indonesia.

 

Rahmat baginya sebagai tanda-tanda lemahnya manusia agar menyadari segala kekeliruan dan lebih memperbaiki diri serta lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Rahmat bagi keluarganya untuk memperhatikan dan membalas kebaikan orang tua yang tak terbalas dan meminta akan maaf yang tertunda. Adapun rahmat bagi seluruh bangsa Indonesia adalah untuk menyadari bahwa apa yang dianggap buruk belum tentulah buruk karena harus diakui bahwa perkembangan dan pembangunan yang kita rasakan saat ini juga merupakan andil beliau yang terbesar  dan jasa yang harus diingat  dan disyukuri, bukannya mencela, melainkan berdoa yang terbaik baginya dan itulah hal yang sangat terbaik dan terpuji bagi Muslim khususnya dan seluruh bangsa Indonesia umumnya.

 

Semoga apa yang baik selalu dibimbing kepada yang baik, dan apa yang buruk maka perbaikilah, semoga jasa-jasa dan seluruh amal bakti pak Harto akan mendapat balasan yang setimpal. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s