Franky Mewar S.Sos

Franky MewarNama yang sudah sangat tak asing lagi di kuping masyarakat Ambon umumnya dan masyarakat Negeri Laha khususnya, sosok yang bersahabat mudah merangkul dan bersahaja adalah anak dari pasangan Yusuf bin Abdurrazaq bin Jafar dan Ri Tan yang lahir di kota Ambon.

Sebelum menjabat sebagai Raja Negeri Laha (1997), beliau adalah salah seorang pegawai Dolog prpvinsi Maluku, dengan prakarsa dari H.Fadil Bin Tahir dan H.Lukman Yongken dengan melihat akan pengalamannya kemudian dipaparkan pada suatu rapat pemerintah Negeri Laha dalam upaya mencari seorang Raja yang akan mengisi kefakuman. Sebelumnya masyarakat negeri Laha tidak ada yang setuju, namun setelah sebagian orang tua mulai terpengaruh dengan ide dari kedua orang tersebut, sehingga diadakanlah aklamsi dan hasil akhirnya adalah kesepakatan untuk menjadikan Franky Mewar S.Sos sebagai Raja.

Pemerintah sementara negeri Laha mengutus 5 (lima) orang untuk menghadap kepala Dolog Maluku perihal meminta salah seorang pegawainya yaitu Franky sebagai pengemban amanat masyarakat Laha, Hal ini disetujui oleh Kepala Dolog, dan masyarakat Laha mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut hingga pada acara pelantikan Raja.

Dalam Menjalankan kepemimpinannya sebagai Raja Laha telah membawa warna dan corak baru bagi kehidupan bermasyarakat di negeri Laha dan telah mengadakan berbagai pembaharuan, perbaikan dan pembangunan, misalanya; membangun kantor desa Laha dengan megahnya dan telah memugar lapangan sepak bola Laha.

Pada tahun 2004, Franky Mewar mengundurkan diri sebagai Raja Laha, kemudian mencalonkan diri sebagai anggota DPRD II dari partai PBR, dan hingga saat ini, beliau masih sebagai anggota DPRD II.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s