Menuntut Hak

LAHA

Hari ini (2/11/07), masyarakat Negeri Laha berbondong-bondong bangkit menyuarakan hak-hak yang selama ini buram, mengingatkan ABRI untuk kembali kepada Dwi Fungsinya, bukan untuk menteror dan merampas hak masyarakat.

Lupakah AURI akan telaah kepala Badan pertanahan provinsi Maluku dan Gubernur Maluku tentang pelarangan membangun bagi kedua belah pihak ( AURI & Negeri Laha) untuk sementara waktu. Ternyata hal itu telah diabaikan oleh pihak AURI dengan membangun PAGAR mengelilingi bandara dan Desa Laha, dan pelarangan membangun pagar beton dari pemerintah negeri Laha pun tidak digubris oleh pihak AURI, dengan alasan bahwa pihak AURI memiliki surat-surat bukti kepemilikan tanpa pernah menyadari bahwa tidak adanya sertifikat tanah yang hanya mengandalkan peta situasi dan surat keputusan tiga menteri. Jika hal itu diperhatikan sedini mungkin maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini tiada bedanya dengan pertikaian yang ada di Israel dan Palestina.

Ternyata pemerintah lemah dalam berhadapan dengan ABRI. Rakyat hanyalah simbol negara, yang dinamakan demokrasi hanyalah tontonan gratis masyarakat berdemo. Harusnya pemerintah cekatan dalam menanggapi masalah-masalah rawan sebagai pemicu pertikaian seperti ini, namun apa yang diharapkan dari pemerintah hanyalah obat penenang sesaat yang kemudian lebih menderitakan dan meresahkan masyarakat.

Baru-baru ini dibentuknya suatu Tim komisi II DPR RI dan BPN dan menyelesaikan beberapa kasus sengketa tanah di tanah air, namun sayangnya masih terbatas pada kasus tanah antara warga masyarakat dan perusahaan. Warga sangat mengharapkan kelak, Tim tersebut lebih berani menyelesaikan seabrek sengketa tanah antara Warga dan ABRI agar tidak terjadi pertikaian dan pengrusuhan.

One thought on “Menuntut Hak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s