Gandong

Warga Ambon yang berasal dari Desa Amahusu, Laha, Tial dan Hatalai yang berada di Jakarta menggelar acara Peduli Pela Gandong dalam kegiatan makan patita atau makan bersama di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, Ahad (3/6). Acara itu dimaksudkan untuk mengajak seluruh masyarakat Maluku tetap menjaga persaudaraan dan menghindari permusuhan.

Suasana gembira dan penuh keakraban terlihat saat acara makan bersama tanpa membedakan latar belakang agama dan kelompok itu. Dalam acara itu, warga Ambon yang berasal dari daerah Amahusu, Tial, Laha, dan Hatalai itu membaur tanpa membedakan status sosial, agama dan keturunan. Sebelum makan, mereka menyanyi, menari bersama dengan iringan musik tradisional (Totobuang) sambil berkenalan dengan lainnya.

Seorang tokoh yang mewakili Tial dan Laha, H. Arman Tuarita menyatakan, makan patita adalah tradisi yang sering dilakukan di Ambon dalam berbagai kesempatan. Menurut dia, dengan seringnya menggelar acara itu, tradisi Pela Gandong yang menjadi semboyan kerukunan hidup di Ambon akan makin terjaga sehingga warga tak mudah terpancing untuk bermusuhan. Dalam acara itu juga mereka membacakan ikrar persaudaran Gandong : Laha-Amahusu-Tial dan Pela : Amahusu-Hatalai (Ikrar Cibubur) yang disaksikan para pemuka masyarakat. Diharapkan, ikrar tersebut lebih memperkuat tali persaudar! aan di antara mereka.

Acara Peduli Pela Gandong ini dilanjutkan dengan kegiatan Malam Peduli Pela Gandong yang diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2001 bertempat di Ballroom Hotel Mandarin Jakarta Pusat, dimana tujuan daripada acara ini adalah untuk mendapatkan dana bagi rehabilitasi bangunan Gereja di desa Amahusu, Hatalai dan Tial serta Mesjid di Laha dan Tial Ambon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s